Jumat, 24 Oktober 2014

Kepanjangan dan Pengertian dari IETF, IEEE, ANSI, ITU, EIA/TIA, FCC, ECMA, ISO, dan W3C


  1. IETF (Internet Engineering Task Force) adalah suatu organisasi internasional yang men-develop dan mensosialisasikan standar internet dan bekerja sama dengan standar W3C dan ISO/IEC yang jyga mengatur standar TCP/IP dan internet protocol suite. IETF adalah sebuah open standards organization dimana operasional organisasi ini dijalankan oleh volunteers dan dibiayai oleh sponsor. Sponsor utamanya saat ini adalah VeriSign, Inc.
  2. IEEE adalah singkatan dari Institute of Electrical and Electronics Engineers. IEEE sendiri adalah sebuah non-profit professional association yang bermarkas di New York dan memiliki lebih dari 400.000 anggota di seluruh dunia. Organisasi ini banyak bergerak di bidang learning and educating, tetapi juga memberikan banyak andil dalam standardisasi di dunia elektronik dan komputer. Kalo dikutip dari Wikipedia, ini menurutnya “IEEE standards affect a wide range of industries including: power and energy, biomedical and healthcare, Information Technology(IT), telecommunications, transportation, nanotechnology, information assurance, and many more.”
  3. American National Standards Institute (ANSI) adalah sebuah organisasi non-profit swasta yang merupakan kumpulan dari para a volunteers yang peduli pada development dari standardisasi untuk suatu produk, layanan, proses, sistem, dan SDM di Amerika Serikat. Produk standardisasi dari organisasi ini yang banyak kita kenal antara lain adalah: ASCII, ANSI Fortran, dan ANSI C.
  4. International Telecommunication Union (ITU) adalah sebuah agensi khusus di PBB yang bertanggung jawab dalam bidang ICT. ITU mengatur penggunaan global dari gelombang radio, mempromosikan kerjasama internasional dalam menentukan orbit satelit, bekerja-sama dalam meningkatkan infrastruktur telekomunikasi dan membuat berbagai standar internasional.
  5. EIA/TIA adalah suatu organisasi yang juga merupakan organisasi “penghasil” standar insternational. EIA adalah kepanjangan dari Electronic Industries Alliance yang sekarang tidak lagi eksis. EIA kini dipecah ke dalam beberapa sektor yang lebih spesifik, salah satunya adala TIA, yaitu Telecommunication Industries Association. Organisasi ini sudah diakreditasi oleh ANSI sebagai organisasi yang men-develop volunteers di bidang standardisasi telekomunikasi.
  6. Federal Communications Commission (FCC) adalah satu lagi standar yang banyak ditemui di berbagai produk di pasaran. Coba tengok ke bagian bawah mouse, keyboard, dan laptop Anda, juga coba lihat ke bagian dalam handphone Anda. Vendor-vendor besar biasanya telah menggunakan standar ini di produknya. Sesuai dengan namanya, organisasi ini merupakan sebuah agensi independen dari pemerintah Amerika Serikat yang mengatur regulasi “in the areas of broadband, competition, the spectrum, the media, public safety, and homeland security”(Wikipedia, FCC).
  7. ECMA (European Computer Manufacturers Association) , lembaga ini merupakan perkumpulan orang eropa yang mengeluarkan standar dalam sistem teknologi dan informasi. Ecma International adalah lembaga yang mengeluarkan standarisasi dalam ECMAScript, sebuah standard yang mengelola JavaScript.
  8. Organisasi Internasional untuk Standardisasi, International Organization for Standardization (ISO) adalah badan penetap standar internasional yang terdiri dari wakil-wakil dari badan standar nasional setiap negara. Pada awalnya, singkatan dari nama lembaga tersebut adalah IOS, bukan ISO. Tetapi sekarang lebih sering memakai singkatan ISO, karena dalam bahasa yunani sos berarti sama (equal). Penggunaan ini dapat dilihat pada kata isometrik atau isonomi.
    Didirikan pada23 February 1947 ISO menetapkan standar-standar industrial dan komersial dunia. ISO, yang merupakan lembaga nirlaba internasional, pada awalnya dibentuk untuk membuat dan memperkenalkan standardisasi internasional untuk apa saja.Dalam menetapkan suatu standar tersebut mereka mengundang wakil anggotanya dari 130 negara untuk duduk dalam Komite Teknis (TC), Sub Komite (SC) dan Kelompok Kerja (WG).
    Meski ISO adalah organisasi nonpemerintah, kemampuannya untuk menetapkan standar yang sering menjadi hukum melalui persetujuan atau standar nasional membuatnya lebih berpengaruh daripada kebanyakan organisasi non-pemerintah lainnya, dan dalam prakteknya ISO menjadi konsorsium dengan hubungan yang kuat dengan pihak-pihak pemerintah. Peserta ISO termasuk satu badan standar nasional dari setiap negara dan perusahaan-perusahaan besar.
    ISO bekerja sama dengan Komisi Elektroteknik Internasional (IEC) yang bertanggung jawab terhadap standardisasi peralatan elektronik.
  9. The World Wide Web Consortium (W3C) merupakan sebuah lembaga konsorsium yang membuat dan terus berobservasi dalam pengembangan teknologi web mencangkup XML, HTML dan aplikasi-aplikasi lain yang sering digunakan dalam dunia web. Mereka juga selalu mengeluarkan aturan dan standard supaya siapapun yang membuat dan mengimplementasikan selalu memperhatikan berbagai aspek yang fital seperti kecocokan dengan perangkat dan browser pengakses, pembaca hingga membuat sebuah website yang dapat berjalan bertahun-tahun karena perubahannya mudah.
    Walaupun W3C bukan satu-satunya standar dalam pembuatan web, namun W3C merupakan lembaga yang sangat besar pengaruhya bagi dunia web. Selain mengeluarkan standard yang mudah dimengerti ternyata lembaga inipun mengeluarkan artikel dan tutorial yang mendukung teknologi yang diobservenya itu. Bahkan untuk mengecek kehandalan desain kita, W3C mengeluarkan beberapa macam validator.
    World Wide Web Consortium (W3C) adalah suatu konsorsium yang bekerja untuk mengembangkan standar-standar untuk World Wide Web. Spesifikasi teknologi-teknologi utama yang dipakai sebagai basis utama web, seperti URL (Uniform Resource Locator), HTTP (HyperText Transfer Protocol), dan HTML (HyperText Markup Language) dikembangkan dan diatur oleh badan ini.
    Standard dari W3C (Konsorsium World Wide Web) XML,CGI,CSS,HTML5,dll
Sumber :
http://ladast.blogspot.com/2009/04/standarisasi-ieee-ansi-tia-eia-dkk.html
http://blog.ub.ac.id/adityaputra/2012/03/18/ietf-iso-ieee-ansi-itu-eiatia-fcc-so-what-are-they/

3 komentar: