Senin, 15 Desember 2014

PSTN (Public Switched Telephone Network)

PSTN (Public Switched Telephone Network) Merupakan suatu jaringan telepon yangmenggunakan perantara kabel atau media penghubung lainnya. Biaya yang dihasilkan oleh jaringan PSTN cukup murah, maka dari itu jaringan PSTN telah dikenal lama olehmasyarakat luas untuk penggunaan telepon rumah dan jaringan internet. Jaringan inimerupakan produk dari perusahaan telepon di Amerika yang bernama AT&T (AmericanTelephone and Telegraph Company) yang berdiri atas inovasi dari Alexander GrahamBell.


•    Jaringan ini biasanya menggunakan kawat tembaga agar dapat menghantarkan sinyal yangkuat dan jelas, tidak mudah karatan, kuat, dan tahan terhadap cuaca. Selain itu, jaringan ini juga bisa dihubungkan dengan Kabel Optic, namun kabel ini jadi jarang digunakan karenaharganya yang mahal dan agak rumit penggunaanya. Jaringan juga bisa dihubungkandengan kabel Coaxial, sayangnya kabel ini sulit diinstalasi dan memiliki ukuran yangsangat besar tapi memiliki kelebihan yaitu kuat terhadap noise. Satelit, fixedwireless(jaringan telepon tanpa kabel kepada fixed customer, seperti telepon rumah), danmobile wireless circuits (jaringan telepon tanpa kabel kepada mobile customer, sepertihandphone) dapat digunakan sebagai media penghubung jaringan PSTN.
 
•    Komponen Jaringan PSTNJaringan PSTN memiliki lima komponen dasar, yaitu telepon, network access, centraloffices (CO), trunks dan special circuits, serta CPE (Customer Premise Equipment).

•    Komponen pertama, yaitu telepon, memiliki infrastruktur yang bermula dari sepesangkabel tembaga yang dinamakan sebagai local loop. Secara fisik, local loopmenghubungkan telepon rumah kita dengan switch yang berada di CO. Jalur komunikasiantara switch yang berada di CO dan rumah kita biasanya disebut sebagai phone line,sedangkan phone line beroperasi lewat local loop.Pengoperasian telepon sangat mirip dengan saklar lampu. Ketika gagang telepon kitaangkat (atau yang disebut dengan off-hook), maka rangkaian arus tersambung, dimanakondisi tersebut memungkinkan CO untuk mengirim sinyal ke telepon kita. Setelah kitaangkat gagang telepon, tentunya kita akan memencet serangkaian angka agar telepon kitatersambung ke tujuan. Proses ketika kita mengirimkan sinyal dengan memencet nomor tujuan ini disebut dengan signaling. Hal ini adalah metode signaling yang dinamakan DualTone Multifrequency (DTMF), yang menyediakan dua frekuensi yang berbeda pada setiapangka yang kita pencet. Frekuensi yang berbeda tersebut dibutuhkan untuk mendefinisikannomor tujuan dengan lebih tepat.

•    Komponen yang kedua adalah network access, yaitu penyedia jasa layanan telepon yangakan menghubungkan penelpon dengan penerima telepon. PT. Telkom yang dapatdikatakan memonopoli layanan telepon rumah. PT. Telkom juga berperan sebagai LECsdan IXCs sekaligus karena menyediakan layanan telepon local, interlokal, SLJJ, dan lainsebagainya. Bicara mengenai cellular operators di Indonesia tentunya kita tahu sangat banyak provider handphone yang bersaing di Indonesia. Provider-provider itulah yangdisebut dengan cellular operators.

•    Ketiga adalah Central Offices (COs), yang menyediakan trunk untuk menghubungkan penelpon dengan penerima telepon. CO lah yang memberikan nada sambung atau dial toneketika kita mengangkat gagang telpon rumah kita. Ketika kita memncet nomor tujuan, maka CO akan mengenali nomor tersebut dan menyambungkan nya kepada kita denganmemberikan nada dering.

•    keempat adalah trunks dan special circuits. Trunk adalah jalur komunikasi diantara beberapa switch CO atau jalur komunikasi yang menghubungkan pengguna telepon keCO. Jika kita menggunakan kabel untuk menghubungkan telepon rumah kita dengansetiap telepon rumah yang ingin kita telepon, maka biaya kabel menjadi sangat tidak efektif. Sama halnya dengan menggunakan kabel untuk menghubungkan satu CO denganCO lainnya. Untuk itulah kita menggunakan trunk sehingga kabel tidak harusdihubungkan satu persatu dari rumah ke rumah, melainkan dibentuk suatu jaringan kabelyang biayanya lebih efektif.

•    Yang terakhir Customer Premise Equipment (CPE), yaitu perangkat komunikasi yangdimiliki oleh customer atau individu yang menyebabkan mereka tersambung ke dunia luar.Telepon, modem, router yang kita miliki adalah contoh dari CPE. Hingga kini, CPE terus berkembang dan hasilnya dapat kita sadari, fitur-fitur canggih dari telepon menyebabkan persaingan antar provider telepon semakin besar. Di negara kita saja, tak kurang jumlahnya dari sepuluh provider berlomba memberikan layanan telepon terbaik.


Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar